KONSORSIUM EDUCATION for ALL (EDUC4ALL) UNTUK PERGURUAN TINGGI INKLUSIF DI INDONESIA

Tempat: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia.

 DEKLARASI NASIONAL

Kami, para peserta dari Konferensi Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Menyatakan:

  1. Proyek MUSE: Ensuring Quality Education for Disabled Students, yang didanai bersama oleh Program Erasmus+ Uni Eropa dari tahun 2017 sampai 2019 adalah anteseden yang menyatukan kami dan mendorong kami untuk melanjutkan pekerjaan bersama-sama dalam mendukung sebuah pendidikan inklusif di Perguruan Tinggi.
  2. Akses pendidikan tinggi untuk mahasiswa-mahasiswa berkebutuhan khusus dan inklusi mereka dalam pasar kerja harus menjadi prioritas yang didukung oleh kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota dan dioperasikan melalui prinsip tanggung jawab sosial universitas dan institusi-institusi lainnya baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta.
  3. Penting untuk menciptakan kesadaran bagi seluruh civita akademika di perguruan tinggi bahwa akses pendidikan tinggi untuk mahasiswa berkebutuhan khusus merupakan kebijakan yang tidak terpisahkan dengan kebijakan-kebijakan lainnya di perguruan tinggi (inkusif), bahkan jika diperlukan diwujudkan dalam kebijakan khusus sampai ke tingkat mereka untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan berkualitas, sebagai perwujudan kesetaraan dalam meningkatkan standar-standar dari kehidupan yang baik dan bahagia.
  4. Diseminasi dan penyesuaian terhadap kondisi mahasiswa berkebutuhan khusus dari praktik-praktik yang baik dalam lapangan pendidikan inklusif di perguruan tinggi, harus menjadi permanen dengan maksud untuk kolaborasi dengan institusi-institusi/unit-unit yang ada di perguruan tinggi.
  5. Jaringan adalah sebuah strategi yang memungkinkan kita untuk memperluas dampak-dampak positif lebih cepat ke lebih banyak orang, jadi kita mendorong institusi-institusi lain untuk bergabung dalam jaringan/ Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia.
  6. Jaringan/ Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia beroperasi di internasional dan nasional indonesia pada isu-isu disabilitas, secara penuh berbagi apa yang dinyatakan dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia dan beberapa konvensi internasional seperti Konvensi Hak-Hak Orang-orang Berkebutuhan Khusus, (ONU, 2006), dalam pasal 24, bagian 5, mencatat bahwa “Pihak-pihak negara-negara harus memastikan bahwa orang-orang berkebutuhan khusus memiliki suatu akses umum untuk pendidikan tinggi, pelatihan vokasi pendidikan dewasa dan pembelajaran seumur hidup tanpa diskriminasi dan pada sebuah dasar yang seimbang dengan yang lain. Untuk tujuan ini, pihak-pihak negara-negara harus memastikan bahwa akomodasi yang wajar disediakan untuk orang-orang berkebutuhan khusus”.
  7. Jaringan/Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia akan mempromosikan dan mendukung segala bentuk inisiatif yang bertujuan pada pembangunan kebijakan publik yang berfokus pada inklusi dari orang-orang berkebutuhan khusus dalam pendidikan tinggi yang berkualitas, magang pelatihan kerja dan promosi dari pekerjaan dan adaptasinya untuk pendidikan universitas, sebagai cara untuk mencegah diskriminasi bagi kaum difabel.
  8. Implementasi pusat-pusat dukungan yang tergabung dalam Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia diantaranya pemenuhan teknologi bantuan dan dikelola oleh personil yang terlatih dengan baik dalam setiap institusi partner akan menyediakan kerangka inklusif modern yang memungkinkan mahasiswa-mahasiswa berkebutuhan khusus memiliki kondisi-kondisi pembelajaran yang cukup.

Menandatangani

Deklarasi Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia ini ditandatangani oleh perwakilan institusi pemerintah dan Para Rektor atau yang mewakili dari Perguruan tinggi partner serta perwakilan-perwakilan institusi lain yang menyatakan diri untuk turut bergabung mewujudkan EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusif di Indonesia bagi mahasiswa berkebutuhan khusus, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia.

DEKLARASI NASIONAL