Pelatihan ke-2 proyek INDOEDUC4ALL berlangsung pada 12 – 13 Desember 2017 di Jogyakarta (Indonesia) dan dipandu oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogyakarta (UIN-SUKA). 

Hampir 50 anggota staf Pusat Dukungan untuk Siswa Penyandang Disabilitas dari 6 universitas mitra proyek INDOEDUC4ALL ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Pelatihan ini dipimpin oleh Catriona Mowat, Kepala Layanan Disabilitas dari Glasgow Caledonian University. Program ini juga termasuk kontribusi dari Bapak Suharto dari SIGAB, Pepi Parreño dan Esther Gallego dari Pusat Dukungan Mahasiswa Universitas Alicante dan Rofah Makin dari UIN Sunan Kalijaga.

Selama sesi, anggota proyek INDOEDUC4ALL menikmati kesempatan untuk belajar tentang metodologi, teknologi bantuan dan pendekatan untuk sepenuhnya menyertakan siswa penyandang cacat pada pendidikan tinggi. Khususnya, pelatihan berfokus pada gangguan penglihatan, kesehatan mental, gangguan pendengaran dan cacat autisme untuk membekali anggota staf dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan layanan terbaik kepada siswa mereka di kampus mereka sendiri.

Ini juga merupakan kesempatan untuk berbagi keahlian, praktik yang baik, pengalaman pribadi dan pengetahuan dalam anggota proyek, belajar dari masing-masing praktik lain dan adaptasinya ke konteks yang sangat berbeda. Dengan demikian, dinamika partisipatif dari metodologi pengajaran mendorong diskusi, refleksi dan debat yang membuahkan hasil di antara para peserta, yang mengambil wawasan yang sangat berguna untuk membangun keterampilan profesional mereka.