Universitas Indonesia, sebagai bagian dari Konsorsium Perguruan Tinggi Inklusif Indonesia (KOPERTINA), mengikuti pelatihan teknologi bantu yang diadakan di Universitat D’Alacant, Spanyol pada 16-20 September 2019. Pelatihan berjalan dengan lancar dan produktif, mulai dari diskusi mengenai KOPERTINA hingga belajar mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa dengan disabilitas.

Hari pertama pelatihan diisi dengan diskusi mendalam mengenai KOPERTINA, bersama dengan anggota konsorsium. Hari kedua diisi dengan diskusi mengenai rencana strategis masing-masing anggota konsorsium, dan kunjungan ke Museum MARQ; salah satu museum terbaik di Eropa.

Hari ketiga pelatihan diisi dengan kunjungan ke ONCE, salah satu organisasi pemberi layanan bagi penyandang tuna netra di Spanyol. Hari ini juga delegasi belajar mengenai berbagai teknologi bantu yang dapat digunakan, mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak.

Hari keempat diisi dengan lebih banyak teknologi bantu. Dalam sesi ini, peserta diajarkan fitur-fitur di dalam laptop dan ponsel pintar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mahasiswa disabilitas. Dan terakhir, peserta diajarkan membuat dokumen yang aksesibel.

Hari terakhir pelatihan diisi dengan kunjungan ke Kota Valencia untuk mempelajari penerapan layanan disabilitas di tingkat kota.